UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISPLINAN SISWA (STUDI DI SMP NEGERI 6 MATARAM)
Authors
Faridah Faridah , Yuliatin Yuliatin , Muh ZubairDOI:
10.29303/juridiksiam.v8i1.243Published:
2021-08-15Issue:
Vol. 8 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMANKeywords:
school efforts in improving students disciplineArticles
Downloads
How to Cite
Faridah, F., Yuliatin, Y., & Zubair, M. (2021). UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISPLINAN SISWA (STUDI DI SMP NEGERI 6 MATARAM). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(1). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v8i1.243
Downloads
Download data is not yet available.
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk. 1) untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat sekolah dalam meningkatkan kedisiplianan siswa di SMPN 6 Mataram. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi , wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Penelitian membuat kesimpulan berdasarkan data yang telah diperoleh melalui reduksi dan display data. Penarikan kesimpulan yang dikemukakan bersifat sementara dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti yang kuat yang mendukung pada tahap pengumpulan data berikutnya. Hasil penelian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa upaya dalam tahap meningkatkan kedisiplinan yakni antara lain : 1) Pembiasaan (Budaya) Sekolah, 2) tahap Keteladanan 3) tahap Penyadaran, 4) tahap Pengawasan. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yakni antara lain : 1) Prasarana dan sarana, 2) Kemauan dari siswa, 3) Kerja sama yang baik antara tenaga pendidik. Adapun faktor penghambat antara lain: 1) Lingkungan Keluarga, 2) Lingkungan Masyarakat, 3) Faktor dalam diri siswaAbstractThis research aims to. 1) to find out the efforts made by schools in improving student discipline 2) to find out the supporting and inhibiting factors of scools in improving student discipline. this research is a type of qualitative research. This data collection is done by observation,interviews and documentation. Data analysis in this study used a qualitative descriptive method, namely the presentation of data in written form and explaining what it was in accordance with the data obtained from the results of the study.research makes conclusions based on data that has been obtained through data reduction and display. The conclusions put forward are temporary and will change if no strong evidence is found to support the next stage of data collection. The results of this study indicate that there are several efforts in the stage of improving discipline, namely: 1) school habituation (Culture), 2) Exemplary stage, 3) Awareness stage, 4) Supervision stage. While the supporting and inhibiting factors in improving student discipline are, among others: 1) infrastructure and facilities, 2) willingness from students, 3) Good cooperation between educators. The inhibiting factors include: 1) Family Environment, 2) Community Enfironment, 3) Factors withing students.References
Bungin, Burhan. (2003). Analisis data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Faisal, Sanapiah. 2001. Format-Format Penelian Sosial. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Fathurrohman S. (2011:23) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Ghazali, 1997. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Gunawam, H. 2014. Pendidikan karakter “konsep dan implementasinya”
Bandung: Alpabet.
Hurlock, Elizabeth B.1994. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Ibrahim. 2002. Pendidikan Karakter: Srategi Mendidik Anak Di Zaman Modern. Jakarta: Pt. Grasindo.
Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, Volume 20, Nomor 1, Juni 2017, hlm. 61-66
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. RemajaRosdakarya, 2010), hlm. 206.
LickonaT (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyasa(2017).Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatifdan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong Lexy J.Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Serasin, 1989.
Mulyasa, E. 2010 Standar Kompetensi Dan Sertifikat Guru Bandung Rosdakarya.
Nashir, H. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta:
Multi Persindo.
Nashir, H. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta:
Multi Persindo.
Pidarta, 1995.Peranan Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar. Jakarta: Grafindo.
Prijodarminto, S. (1992).Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT. PradnyaParamita.
Poerbakawatjo. 1982. Ensiklopedia. Jakarta: Gunung Agung.
Republik Indonesia 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Oleh Kepala Biro Hukum Dan Organisasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan; Jakarta: Di Akses 07 Juni 2018.
Sugiyono(2017).Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Grafindo Persada
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sudjana & Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung; SinarBaru Algensi.
Syafaat.2008.Penerapan Pendidikan (Juvenila delinquency.Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
Sagala, S. 2005. Menejemen Berbasis Sekolah Dan Masyarakat: Strategis
Memahami Persaingan Mutu. Jakarta: Nimas Muliana.
Tulus ,Tu’u.(2004). Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Yudha, M Saputra (1998). Pengembangan Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tulus ,Tu’u.(2004). Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak dalam Islam, vol. 1, 2nd ed, PustakaAmani, Jakarta, 1999.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Pembukaan Departemen Pendidikan Nasional.
Faisal, Sanapiah. 2001. Format-Format Penelian Sosial. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Fathurrohman S. (2011:23) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Ghazali, 1997. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Gunawam, H. 2014. Pendidikan karakter “konsep dan implementasinya”
Bandung: Alpabet.
Hurlock, Elizabeth B.1994. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Ibrahim. 2002. Pendidikan Karakter: Srategi Mendidik Anak Di Zaman Modern. Jakarta: Pt. Grasindo.
Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, Volume 20, Nomor 1, Juni 2017, hlm. 61-66
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. RemajaRosdakarya, 2010), hlm. 206.
LickonaT (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyasa(2017).Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatifdan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong Lexy J.Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Serasin, 1989.
Mulyasa, E. 2010 Standar Kompetensi Dan Sertifikat Guru Bandung Rosdakarya.
Nashir, H. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta:
Multi Persindo.
Nashir, H. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta:
Multi Persindo.
Pidarta, 1995.Peranan Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar. Jakarta: Grafindo.
Prijodarminto, S. (1992).Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT. PradnyaParamita.
Poerbakawatjo. 1982. Ensiklopedia. Jakarta: Gunung Agung.
Republik Indonesia 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Oleh Kepala Biro Hukum Dan Organisasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan; Jakarta: Di Akses 07 Juni 2018.
Sugiyono(2017).Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Grafindo Persada
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sudjana & Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung; SinarBaru Algensi.
Syafaat.2008.Penerapan Pendidikan (Juvenila delinquency.Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
Sagala, S. 2005. Menejemen Berbasis Sekolah Dan Masyarakat: Strategis
Memahami Persaingan Mutu. Jakarta: Nimas Muliana.
Tulus ,Tu’u.(2004). Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Yudha, M Saputra (1998). Pengembangan Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tulus ,Tu’u.(2004). Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak dalam Islam, vol. 1, 2nd ed, PustakaAmani, Jakarta, 1999.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Pembukaan Departemen Pendidikan Nasional.