PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) DAN DAMPAKNYA BAGI ANAK USIA SEKOLAH (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat)
Authors
Muhammad Mabrur Haslan , Dahlan Dahlan , Yuliatin YuliatinDOI:
10.29303/juridiksiam.v7i2.140Published:
2021-02-10Issue:
Vol. 7 No. 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMANKeywords:
Bullying, ImpactArticles
Downloads
How to Cite
Haslan, M. M., Dahlan, D., & Yuliatin, Y. (2021). PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) DAN DAMPAKNYA BAGI ANAK USIA SEKOLAH (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.140
Downloads
Download data is not yet available.
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi bentuk-bentuk perilaku perundungan (bullying) bagi siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku perundungan (bullying) bagi siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat (3) mengidentifikasi dampak perilaku perundungan (bullying) bagi siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat.Hasil Penelitian sebagai berikut: (1) Bentuk-bentuk perilaku perundungan (bullying) yang kerapkali terjadi pada siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat adalah verbal bullying (menghina mengejek, mengintimidasi, atau memberikan julukan nama), (financial bullying), (pemalakan (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku perundungan (bullying) bagi siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat yaitu: faktor keluarga (perceraian orang tua, orang tua yang bekerja di luar negeri), faktor , faktor ekonomi, dan faktor lingkungan sosial (3) Dampak perilaku perundungan (bullying) bagi siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat adalah merasa takut (merasa tidak aman) pada saat berpapasan dengan pelaku bullying, Jangka panjang depresi, motivasi belajar menurun, menutup diri dari pergaulan. AbstractThis study aims (1) to identify forms behavior bullying for yunior high school Kediri Disrtrict Kediri West Lombok (2) to identify factors influence behavior bullying for yunior high school Kediri Disrtrict West Lombok (3) to identify impact behavior bullying for yunior high school Kediri District West Lombok. The Results of research etc (1) forms behavior bullying for yunior high school Kediri Disrtrict Kediri West Lombok, s for yunior high school Kediri Disrtrict Kediri West Lombok, such as: verbal bullying (making fun of, mock, insulting), (financial bullying) and physical bullying (2) to identify factors influence behavior bullying for yunior high school Kediri Disrtrict West Lombok, such as: family problem factor (divorce, labor), economic factor, and social invironment (friends of the same age) ( (3) impact behavior bullying for yunior high school Kediri District West Lombok such as, shame, afraid, humble, and shut yourself out of relationships.References
Bimo, Walgito, 2003, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta, Andi.
Colorosa, Barbara., 2006, Penindas, Tertindas, dan Penonton (Resep Memutuskan Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU), Serambi Ilmu Pustaka.
Colorosa, Barbara., 2007, The Bully,The Bullied, and The Bystander, New York, HarperCollins.
Dampak Media khususnya Tayangan Terahadap Kekerasan Anak, Sustri Saragaih, jam 18.00
Faisal, Sanapiah, (1990), Penelitian Kualitatif (Dasar-dasar dan Aplikasi), Yayasan Asah Asuh, Malang.
Faturochman, 2012, Psikologi Untuk Kesejahteraan Masyarakat, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Geldard, Kathryn. 2012. Konseling Remaja Intervensi Praktis Bagi Remaja Beresiko.Yogyakarta: Pustaka belajar.
Kalliotis, P, 2000, “Bullying as a Spesial Case of Aggresion, Sage publication Volume 21, No. 1 April 2000.
Krahe, Barbara, 2005, Perikaku Agresif, Pustaka Belajar.
Muhammad Mabrur Haslan, 2009, Kajian Tentang Kekerasan Pada Anak ( Studi Perlakuan Salah (Child Abuse) Orang Tua Terhadap Anak Pada Keluarga Kawin-Cerai di Masyarakat Suku Sasak, Laporan Hasil Penelitian, FKIP Universitas Mataram.
Muhammad, M, 2009, Aspek Perlindungan Anak Dalam Tindak Kekerasan (Bullying) Terhadap Siswa Korban Kekerasan di Sekolah, Jurnal Dinamika Hukum.
Moleong, Lexy, J. (1996), Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya, Bandung.
Nazir, Muh., 1988, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Notoatmodjo, 2007, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo, 2010, Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta:Rineka Cipta.
Ratna Djuwita, 2006, Kekerasan Tersembunyi Di Sekolah, Aspek-Aspek Pdikososial Dari Bullying-Victims: A Comparison of Psychosocial and Behavioral Characteristic, Journal of Pediatric Phychology.
Ratna Djuwita, 2008, Bullying: Kekerasan Terselubung Di Sekokah, Jakarta, Bumi Aksara.
Sejiwa, 2008, Bullying, Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak, Jakarta, Gramedia.Shidiqi, Suprapti, 2013, Pemaknaan bullying pada Remaja Penindas, (The Bully) jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, Vol 2, No.2, Agustus, 2013.
Widyatun, T.R, 1999, Ilmu Perilaku, Jakarta, CV. Agung Seto.
Zakiyah, Ela Zain, et all, 2017, Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying, Jurnal Penelitian dan PPM UNPAD, ISSN : 2442-448X, Vol. No. 2. Juli 2017
Sindo News, 24 Juli 2018
Colorosa, Barbara., 2006, Penindas, Tertindas, dan Penonton (Resep Memutuskan Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU), Serambi Ilmu Pustaka.
Colorosa, Barbara., 2007, The Bully,The Bullied, and The Bystander, New York, HarperCollins.
Dampak Media khususnya Tayangan Terahadap Kekerasan Anak, Sustri Saragaih, jam 18.00
Faisal, Sanapiah, (1990), Penelitian Kualitatif (Dasar-dasar dan Aplikasi), Yayasan Asah Asuh, Malang.
Faturochman, 2012, Psikologi Untuk Kesejahteraan Masyarakat, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Geldard, Kathryn. 2012. Konseling Remaja Intervensi Praktis Bagi Remaja Beresiko.Yogyakarta: Pustaka belajar.
Kalliotis, P, 2000, “Bullying as a Spesial Case of Aggresion, Sage publication Volume 21, No. 1 April 2000.
Krahe, Barbara, 2005, Perikaku Agresif, Pustaka Belajar.
Muhammad Mabrur Haslan, 2009, Kajian Tentang Kekerasan Pada Anak ( Studi Perlakuan Salah (Child Abuse) Orang Tua Terhadap Anak Pada Keluarga Kawin-Cerai di Masyarakat Suku Sasak, Laporan Hasil Penelitian, FKIP Universitas Mataram.
Muhammad, M, 2009, Aspek Perlindungan Anak Dalam Tindak Kekerasan (Bullying) Terhadap Siswa Korban Kekerasan di Sekolah, Jurnal Dinamika Hukum.
Moleong, Lexy, J. (1996), Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya, Bandung.
Nazir, Muh., 1988, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Notoatmodjo, 2007, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo, 2010, Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta:Rineka Cipta.
Ratna Djuwita, 2006, Kekerasan Tersembunyi Di Sekolah, Aspek-Aspek Pdikososial Dari Bullying-Victims: A Comparison of Psychosocial and Behavioral Characteristic, Journal of Pediatric Phychology.
Ratna Djuwita, 2008, Bullying: Kekerasan Terselubung Di Sekokah, Jakarta, Bumi Aksara.
Sejiwa, 2008, Bullying, Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak, Jakarta, Gramedia.Shidiqi, Suprapti, 2013, Pemaknaan bullying pada Remaja Penindas, (The Bully) jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, Vol 2, No.2, Agustus, 2013.
Widyatun, T.R, 1999, Ilmu Perilaku, Jakarta, CV. Agung Seto.
Zakiyah, Ela Zain, et all, 2017, Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying, Jurnal Penelitian dan PPM UNPAD, ISSN : 2442-448X, Vol. No. 2. Juli 2017
Sindo News, 24 Juli 2018