PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 2 WAWO
Authors
Julmulyani Julmulyani , Hariyanto Hariyanto , Edy Kurniawansyah , Muh ZubairDOI:
10.29303/juridiksiam.v8i2.251Published:
2021-12-16Issue:
Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMANKeywords:
Character Education, PPKnArticles
Downloads
How to Cite
Julmulyani, J., Hariyanto, H., Kurniawansyah, E., & Zubair, M. (2021). PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 2 WAWO. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v8i2.251
Downloads
Download data is not yet available.
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran PPKn, pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran PPKn, evaluasi pembelajaran PPKn, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran PPKn di SMPN 2 Wawo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah guru PPKn kelas VII, VIII dan IX. Sedangkan informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, dan Guru BK serta perwakilan peserta didik kelas VII, VIII dan IX. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran PPKn di SMPN 2 Wawo pada prosesnya sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran PPKn di SMPN 2 Wawo sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Guru melaksanakan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam praktek ataupun dalam kegiatan belajar mengajar secara langsung. 3) Evaluasi pembelajaran PPKn di SMPN 2 Wawo sudah dilakukan dengan cukup baik. 4) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran PPKn di SMPN 2 Wawo yakni faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat yaitu faktor lingkungan masyarakat, faktor keluarga, faktor internal peserta didik, faktor pendidik dan pengaruh teknologi. Kemudian faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana, keteladanan guru, dukungan orang tua dan lingkungan sekolah.AbstractThe study aims to determine the planning of PPKn learning, the implementation of character education through PPKn learning, evaluation of PPKn learning, and the factors that influence the implementation of character education through PPKn learning at SMPN 2 Wawo. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The subjects in the study were PPKn teachers in grades VII, VIII, and IX. While the research informants were the school principal, deputy heads of student affairs, and counseling guidance teachers as well as representatives of students in grades VII, VIII and IX. Data collection using interview techniques, observation and documentation. Research results show that: 1) PPKn learning planning at SMPN 2 Wawo has been carried out properly and in accordance with applicable policies. 2) The implementation of character education through PPKn learning at SMPN 2 Wawo has been implemented quite well. The teacher carries out preliminary activities, core activities, and closing activities by integrating character values in practice or in direct teaching and learning activities. 3) The evaluation of PPKn learning at SMPN 2 Wawo has been done quite well. 4) The factors that influence the implementation of character education through PPKn learning at SMPN 2 Wawo are inhibiting factors and supporting factors. Inhibiting factors are community environmental factors, family factors, student internal factors, educator factors and the influence of technology. Then the supporting factors are the facilities and infrastructure, the teacher’s example, the support of parents and the school environment.References
Chumairah, Hasti: Marzuki: dan Kresnadi, Hery. 2019. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak. Artikel Penelitian Universitas Tanjungpura. Diakses pada 13 April 2021.
Dianti, Puspa. 2014. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 23, No. 1, 58-68. Diakses pada 6 Maret 2021.
Maulana, Moh. Amin. 2016. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Wonosari. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 20 Juni 2021.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Sutiyono, Sulis. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Di Mi Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Diakses pada 13 Desember 2019.
Tim Penyusun Undang-undang, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Wulandari, Wiwin. 2016. Analisis Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) (Studi Di SMP Negeri 10 Kota Pasuruan). Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang. Diakses pada 8 Februari 2021.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan). Kencana Prenada Media Group: Jakarta. Diunduh pada 11 Maret 2021.
Dianti, Puspa. 2014. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 23, No. 1, 58-68. Diakses pada 6 Maret 2021.
Maulana, Moh. Amin. 2016. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Wonosari. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 20 Juni 2021.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Sutiyono, Sulis. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Di Mi Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Diakses pada 13 Desember 2019.
Tim Penyusun Undang-undang, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Wulandari, Wiwin. 2016. Analisis Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) (Studi Di SMP Negeri 10 Kota Pasuruan). Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang. Diakses pada 8 Februari 2021.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan). Kencana Prenada Media Group: Jakarta. Diunduh pada 11 Maret 2021.