PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 3 MATARAM
Authors
Nourma Hulida , Hariyanto Hariyanto , Edy Kurniawansyah , Muh ZubairDOI:
10.29303/juridiksiam.v8i2.252Published:
2021-12-16Issue:
Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMANKeywords:
Drafting, RPP, PPKn, Covid-19.Articles
Downloads
How to Cite
Hulida, N., Hariyanto, H., Kurniawansyah, E., & Zubair, M. (2021). PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 3 MATARAM. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v8i2.252
Downloads
Download data is not yet available.
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn, kesulitan guru PPKn dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam pembelajaran daring dan upaya guru PPKn dalam pembelajaran selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapati bahwa proses penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn oleh guru kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 3 Mataram telah disusun berdasarkan teori penyusunan komponen RPP, berdasarkan ketentuan dari MGMP PPKn Kota Mataram, dan disesuaikan berdasarkan kondisi sekolah dan kebutuhan peserta didik, kesulitan yang ditemui oleh guru PPKn kelas VII,VIII, dan IX di SMP Negeri 3 Mataram dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam pembelajaran daring yakni pada kelas VII dan IX guru menemui kesulitan pada penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pengkajian silabus dan pemilihan materi bahan ajar, sedangkan pada kelas VIII guru tidak menemukan kesulitan dalam penyusunan RPP dalam pembelajaran daring, upaya guru PPKn dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 yakni dengan menerapkan sistem pembelajaran daring dan luring.AbstractThis research aims to find out the process of preparing a Learning Implementation Plan in online learning in PPKn subjects, the difficulty of PPKn teachers in preparing a Learning Implementation Plan in online learning and the efforts of PPKn teachers in learning during the covid-19 pandemic. This research uses a qualitative descriptive approach with this type of qualitative research. The data collection techniques used are interviews, documentation and observations. The data analysis techniques used in this study are Miles and Huberman's analysis techniques. Based on the results of research and discussion, it was found that the process of preparing a Learning Implementation Plan in online learning in PPKn subjects by teachers of class VII, VIII, and IX of SMP Negeri 3 Mataram has been compiled based on the theory of the preparation of RPP components, based on the provisions of MGMP PPKn Kota Mataram, and adjusted based on school conditions and the needs of learners, difficulties encountered by ppkn teachers in class VII, VIII, and IX in SMP Negeri 3 Mataram in preparing the Learning Implementation Plan in online learning, namely in class VII and IX teachers encounter difficulties in the preparation of learning steps, syllabus assessment and selection of teaching materials, while in class VIII teachers do not find difficulties in the preparation of RPP in online learning, the efforts of PPKn teachers in learning during the Covid-19 pandemic are by applying online and offline learning systems.References
Amiruddin. 2013. Peranan Guru PKn Terhadap Pembentukan Moral Siswa di SMPN 10 Palu. Vol 1 (1).
Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
______. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
______. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bayu Indra Permana. 2016. Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Yang Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 1 Sempu Kabupaten Banyuwangi. Universitas PGRI Banyuwangi.
Bertina Sinabariba. 2017. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menggunakan Penilaian Otentik Berorientasi Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Trisakti Lubuk pakam. Universitas Negeri Medan.
Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N. 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish.
Cholisin. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Diktat. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY.
Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Undang-undang RI No 14 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Eko, Kuntarto. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi: Journal Indonesian Language Education and Literatur. Vol.3. Universitas Jambi.
Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
______. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
______. 2018. Buku Penilaian Berorientasi High Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Moelong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H. E. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Priyatni, Endah Tri. 2019. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Rochman, Syaiful, dkk. 2018. Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Salinan Lampiran Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. 2020. Jakarta: Biro Hukum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Sekretaris Negara Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Siska Nurdiani. 2018. Studi tentang Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PPKn di SMPN 1 Wonogiri Berdasarkan Permendikbud No 22 Tahun 2016. Universitas Sebelas Maret.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA CV.
Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Surat Edaran Nomor 423.5/0901/Disdik.C.1/IV/2020 tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 2020. Mataram: Dinas Pendidikan.
Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Abd S. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Malang: PT Refika Aditama.
Widiawati, Alfiandra, dkk. 2016. Kompetensi Guru PPKn Dalam Menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri Kota Palembang. Universitas Sriwijaya.
Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
______. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
______. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bayu Indra Permana. 2016. Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Yang Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 1 Sempu Kabupaten Banyuwangi. Universitas PGRI Banyuwangi.
Bertina Sinabariba. 2017. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menggunakan Penilaian Otentik Berorientasi Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Trisakti Lubuk pakam. Universitas Negeri Medan.
Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N. 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish.
Cholisin. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Diktat. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY.
Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Undang-undang RI No 14 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Eko, Kuntarto. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi: Journal Indonesian Language Education and Literatur. Vol.3. Universitas Jambi.
Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
______. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
______. 2018. Buku Penilaian Berorientasi High Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Moelong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H. E. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Priyatni, Endah Tri. 2019. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Rochman, Syaiful, dkk. 2018. Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Salinan Lampiran Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. 2020. Jakarta: Biro Hukum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Sekretaris Negara Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Siska Nurdiani. 2018. Studi tentang Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PPKn di SMPN 1 Wonogiri Berdasarkan Permendikbud No 22 Tahun 2016. Universitas Sebelas Maret.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA CV.
Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Surat Edaran Nomor 423.5/0901/Disdik.C.1/IV/2020 tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 2020. Mataram: Dinas Pendidikan.
Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Abd S. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Malang: PT Refika Aditama.
Widiawati, Alfiandra, dkk. 2016. Kompetensi Guru PPKn Dalam Menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri Kota Palembang. Universitas Sriwijaya.