Menumbuhkan Nasionalisme pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Studi Kasus di MAN 2 Model Mataram)
Penulis
Mila Septian HaryatiDOI:
10.29303/juridiksiam.v5i2.67Diterbitkan:
2018-10-15Terbitan:
Vol 5 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMANKata Kunci:
asionalisme, Ekstrakurikuler PaskibraArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Haryati, M. S. (2018). Menumbuhkan Nasionalisme pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Studi Kasus di MAN 2 Model Mataram). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i2.67
Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perw ujudan nasionalisme pada capas (calon Paskibra) yang aktif mengikuti ekstrakurikuler Paskibra. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, w aw ancara, dan focus grup discussion. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahw a perw ujudan sikap menjaga persatuan yang dimiliki oleh sisw a yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra adalah: menjaga kerukunan dalam berteman, mengutamakan kepentingan bersama, menerapkan sikap saling menghargai, menerapkan sikap kerja sama tanpa membeda-bedakan suku dan agama, serta menjalin solidaritas dalam kelompok, kemudian perw ujudan sikap menghargai prestasi yang dimiliki oleh capas antara lain: berlatih keras untuk menjadi pemenang dalam berbagai kegiatan di sekolah , menghargai kerja keras kepala sekolah, guru, teman, dan semua yang ada dalam lingkungan sekolah, menghargai temuan, ide, dan gagasan yang telah dihasilkan, memajang tanda-tanda penghargaan dan prestasi, memberikan penghargaan atau hasil prestasi kepada w arga sekolah. AbstractThis study aims to determine the embodiment of nationalism in capas (Paskibra candidates) w ho actively participate in Paskibra extracurricular. The research approach uses qualitative descriptive through case study research type. Data collection techniques used are documentation, observation, interview , and focus group discussion. Data analysis techniques used is the Miles and Huberman models consisting of: data reduction, data presentation, and draw ing conclusions. The results of the study show ed the realization of attitude of maintaining unity by students w ho take part in extracurricular activities. They are: maintaining friendship in friends, prioritizing common interests, applying mutual respect, applying cooperation w ithout discriminating betw een ethnicities and religions, and establishing solidarity in groups. The attitude of embodying the achievements of capas are: practicing hard to be a w inner in various activities at scho ol, appreciating the hard w ork of the principal, teacher, friends, and all people in the school environment, appreciating the findings and ideas that have been generated, displaying signs of appreciation and achievement, and giving aw ards or achievements to school.Keywords: Nationalism, Paskibra ExtracurricularReferensi
Miles B. M., Huberman. A. 1992. Analisis Data kualitatif. Jakarta: UI Press
Herdiansyah, H. 2013. Wawancara, observasi, dan focus groups sebagai instrument penggalian data kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pendidika dan Sosial. Bandung: Alfabeta
Bugin, B. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana
Arikunto. 2013. Manajemen Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta
Satori, D., & Komariah, A. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif.
Bandung: Alfabeta
Basrowi & Suwandi & 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ilahi, T. M. 2015. Nasionalisme Dalam Bingkai Pluralitas Bangsa.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Rohminingsih, W. 2016. Penanaman Nasionalisme Pada Paskibraka Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2015. Skripsi Sarjana FIP Universitas Negeri Yogyakarta.(http://eprints.uny.ac.id/44074/1/SkripsiWahyu%20
Rohmaningsih 12110244011), diakses di Mataram Jum’at 23 Maret
2016 Pukul 14.30 Wita.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Kusumawardani, A., &Faturochman. 2004. Nasionalisme. Buletin Psikologi (Online),12(2)(https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/vi ew/7469, diakses di Mataram Kamis, 19 Februari 2018 Pukul 11.30
Wita)
Fibrianto, A. S., & Bakhri, S. 2017. Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukkan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa Sma Negeri 3 Surakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan (Online), 2(2) (http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/1970/
1661, diakses di Mataram Jum’at 20 Maret 2018 Pukul 13.40 Wita)
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0416/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan
Triatna, A. T. 2013. Peranan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Meningkatkan Nasionalisme Siswa. Studi Deskriptif Analitis Terhadap Ekstrakurikuler Paskibra SMP Pasundan 1 Banjaran, Kabupaten Bandung. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia (Online), (https://scholar.google.co.id/scholar?q=related:hAm-UhoT- oEJ:scholar.google.com/&hl=en&as_sdt=0,5, diakses di Mataram Rabu .. 2018 Pukul … Wita)
Suripto, S. M. 2015. Pelaksanaan Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dalam Upaya Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa di SMP Negeri 3 Malang. Jurnal HKN FIS UM (Online), 3(6). (http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikelECAAF078FAF9
BBADDD82B1CF7D86EFA1.pdf, diakses di Mataram Kamis ..
2018 Pukul … Wita)
Alfaqi, M. Z. 2016. Memahami Indonesia Melalui Prespektif Nasionalisme, Politik Identitas, Serta Solidaritas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Online), 28(2). (http://journal.um.ac.id/index. php/jppk/articl e/view/5451, diakses di Mataram .. 2018 Pukul …Wita)
Legimin, V. Y. (2014). Pengaruh Pemahaman Sejarah Perjuangan Bangsa Teradap Sikap Nasionalisme Pada Materi Pkn Siswa Kelas X Di Sma Pgri Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Digital Respository Unila (Online). (http://digilib.unila.ac.id/1844/ , diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Wattimena, R. 2009. Indonesia, Nasionalisme, Dan Ingatan Kolektif: Mengembangkan Nasionalisme Indonesia Melalui Penegasan Ingatan Kolektif. Melintas (An International Journal Of Philoshophy) (Online), 25 (2). (Journal.unpar.ac.id/index.php/melintas/article/view/927/911, diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Efendi, A. 2008. Gagasan Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan dalam Novel Indonesian Modern. staff.uny ac.id/sites/default/files/ Wawasan%20Kebangsaan. Doc. (Online). Diakses di Mataram …. 2018 Pukul … Wita)
Suastika, I. N. 2013. Nasionalisme Dalam Perspektif Postmodernisme, Poststrukturalisme Dan Postkolonialisme. Media Komunikasi FIS (Online). 11(1).(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS
/article/view/452, diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Mansur, H. R. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Artikel LMPM Sulsel (Online). (http://www. lpmpsulsel. net/v2/attachments/293_Implementasi%20Pendikar%20dlm%20S atuan%20Pendidikan.pdf, diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Winarni, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Mengembangkan Sikap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas 5 SD 3 Golantepus Tahun Pelajaran
2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
PSKGDJ FKIP-UKSW . (http://repository.uksw.edu/handle/
123456789/ 12996, diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Oktapiani, R., Yanzi, H., & Nurmalisa, Y. (2016). Hubungan Tingkat Pemahaman Konsep Persatuan Dan Kesatuan Terhadap Sikap Solidaritas Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi (Online), 4(2). (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/10922 , diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Nurjanah, S., & Agus Prasetyo, S. P. (2017). Penanaman Karakter Kerja Keras Dan Menghargai Prestasi Pada Siswa (Studi Kasus Di Jurusan Tari SMK Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Surakarta. (http://eprints.ums.ac.id/54830/, diakses di Mataram …. 2018
Pukul ….Wita)
Susilorini, D., Maharani D.F., Budianti T.,dkk. 2016. Makna Pancasila Untuk Kita. Kementrian Komunikasi Dan Informatika RI Direktorat Jenderal Informasi Dan Komunikasi Publik.
Ratnasari, N. D. 2013. Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) dengan Kepemimpinan Peserta Didik SMA KARTIKA IV-3 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1). (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index. php/ jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/3753, diakses di Mataram ….2018 Pukul …Wita)
Julyani, P. H. 2016. Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera Dalam Menumbuhkan Sikap Nasonalisme Siswa(Studi Deskriptif Analisis di SMP Negeri 2 Anjatan Indramayu). Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pasundan Bandung. (http://repository.unpas.ac.id/12976/ 1/1.%20COVER. pdf, diakses di Mataram …2018 Pukul … Wita)
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Online), 6(11).
(http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/746 , diakses di Mataram …2018 Pukul …Wita)
Komalasari, A.M. 2012. Modal Sosial Dan Refleksivitas Dalam Masyrakat Risiko( Suatu Kajian Terhadap Anggota Klub Motor Wonogiri King Club (WKC). Skripsi Sarjana Sosial Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Matert (UNS). Diakses di Mataram Sabtu, 24 Juni 2018
Herdiansyah, H. 2013. Wawancara, observasi, dan focus groups sebagai instrument penggalian data kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pendidika dan Sosial. Bandung: Alfabeta
Bugin, B. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana
Arikunto. 2013. Manajemen Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta
Satori, D., & Komariah, A. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif.
Bandung: Alfabeta
Basrowi & Suwandi & 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ilahi, T. M. 2015. Nasionalisme Dalam Bingkai Pluralitas Bangsa.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Rohminingsih, W. 2016. Penanaman Nasionalisme Pada Paskibraka Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2015. Skripsi Sarjana FIP Universitas Negeri Yogyakarta.(http://eprints.uny.ac.id/44074/1/SkripsiWahyu%20
Rohmaningsih 12110244011), diakses di Mataram Jum’at 23 Maret
2016 Pukul 14.30 Wita.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Kusumawardani, A., &Faturochman. 2004. Nasionalisme. Buletin Psikologi (Online),12(2)(https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/vi ew/7469, diakses di Mataram Kamis, 19 Februari 2018 Pukul 11.30
Wita)
Fibrianto, A. S., & Bakhri, S. 2017. Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukkan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa Sma Negeri 3 Surakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan (Online), 2(2) (http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/1970/
1661, diakses di Mataram Jum’at 20 Maret 2018 Pukul 13.40 Wita)
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0416/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan
Triatna, A. T. 2013. Peranan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Meningkatkan Nasionalisme Siswa. Studi Deskriptif Analitis Terhadap Ekstrakurikuler Paskibra SMP Pasundan 1 Banjaran, Kabupaten Bandung. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia (Online), (https://scholar.google.co.id/scholar?q=related:hAm-UhoT- oEJ:scholar.google.com/&hl=en&as_sdt=0,5, diakses di Mataram Rabu .. 2018 Pukul … Wita)
Suripto, S. M. 2015. Pelaksanaan Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dalam Upaya Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa di SMP Negeri 3 Malang. Jurnal HKN FIS UM (Online), 3(6). (http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikelECAAF078FAF9
BBADDD82B1CF7D86EFA1.pdf, diakses di Mataram Kamis ..
2018 Pukul … Wita)
Alfaqi, M. Z. 2016. Memahami Indonesia Melalui Prespektif Nasionalisme, Politik Identitas, Serta Solidaritas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Online), 28(2). (http://journal.um.ac.id/index. php/jppk/articl e/view/5451, diakses di Mataram .. 2018 Pukul …Wita)
Legimin, V. Y. (2014). Pengaruh Pemahaman Sejarah Perjuangan Bangsa Teradap Sikap Nasionalisme Pada Materi Pkn Siswa Kelas X Di Sma Pgri Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Digital Respository Unila (Online). (http://digilib.unila.ac.id/1844/ , diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Wattimena, R. 2009. Indonesia, Nasionalisme, Dan Ingatan Kolektif: Mengembangkan Nasionalisme Indonesia Melalui Penegasan Ingatan Kolektif. Melintas (An International Journal Of Philoshophy) (Online), 25 (2). (Journal.unpar.ac.id/index.php/melintas/article/view/927/911, diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Efendi, A. 2008. Gagasan Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan dalam Novel Indonesian Modern. staff.uny ac.id/sites/default/files/ Wawasan%20Kebangsaan. Doc. (Online). Diakses di Mataram …. 2018 Pukul … Wita)
Suastika, I. N. 2013. Nasionalisme Dalam Perspektif Postmodernisme, Poststrukturalisme Dan Postkolonialisme. Media Komunikasi FIS (Online). 11(1).(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS
/article/view/452, diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Mansur, H. R. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Artikel LMPM Sulsel (Online). (http://www. lpmpsulsel. net/v2/attachments/293_Implementasi%20Pendikar%20dlm%20S atuan%20Pendidikan.pdf, diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Winarni, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Mengembangkan Sikap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas 5 SD 3 Golantepus Tahun Pelajaran
2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
PSKGDJ FKIP-UKSW . (http://repository.uksw.edu/handle/
123456789/ 12996, diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Oktapiani, R., Yanzi, H., & Nurmalisa, Y. (2016). Hubungan Tingkat Pemahaman Konsep Persatuan Dan Kesatuan Terhadap Sikap Solidaritas Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi (Online), 4(2). (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/10922 , diakses di Mataram … 2018 Pukul … Wita)
Nurjanah, S., & Agus Prasetyo, S. P. (2017). Penanaman Karakter Kerja Keras Dan Menghargai Prestasi Pada Siswa (Studi Kasus Di Jurusan Tari SMK Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Surakarta. (http://eprints.ums.ac.id/54830/, diakses di Mataram …. 2018
Pukul ….Wita)
Susilorini, D., Maharani D.F., Budianti T.,dkk. 2016. Makna Pancasila Untuk Kita. Kementrian Komunikasi Dan Informatika RI Direktorat Jenderal Informasi Dan Komunikasi Publik.
Ratnasari, N. D. 2013. Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) dengan Kepemimpinan Peserta Didik SMA KARTIKA IV-3 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1). (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index. php/ jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/3753, diakses di Mataram ….2018 Pukul …Wita)
Julyani, P. H. 2016. Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera Dalam Menumbuhkan Sikap Nasonalisme Siswa(Studi Deskriptif Analisis di SMP Negeri 2 Anjatan Indramayu). Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pasundan Bandung. (http://repository.unpas.ac.id/12976/ 1/1.%20COVER. pdf, diakses di Mataram …2018 Pukul … Wita)
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Online), 6(11).
(http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/746 , diakses di Mataram …2018 Pukul …Wita)
Komalasari, A.M. 2012. Modal Sosial Dan Refleksivitas Dalam Masyrakat Risiko( Suatu Kajian Terhadap Anggota Klub Motor Wonogiri King Club (WKC). Skripsi Sarjana Sosial Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Matert (UNS). Diakses di Mataram Sabtu, 24 Juni 2018