PELAYANAN PUBLIK PERANGKAT DESA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN KK (STUDI DESKRIPTIF DESA JEROWARU, KECAMATAN JEROWARU, KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

Jakaria Jakaria, Rispawati Rispawati, Mursini Jahiban

Abstract


ABSTRACK

This study aims to determine the public service standards of village apparatus on community satisfaction and the factors that influence public service standards based on Public Service Standards according to Ministerial Decree PAN number 63 / KEP / M.PAN / 7/2003 in Jerowaru Village, Jerowaru District, Regency East Lombok. The subject of this research is the Head of Service and Service Staff, the subject of this study was chosen because most know the administration of government services in the village of Jerowaru, Jerowaru District, East Lombok Regency. The informants in this research are the people (who are doing a letter of introduction to the Family Card / KK). Date collection techniques used are, interview, observation, and documentation. The results showed that 1) The application of public service standards was in accordance with Minister of PAN Decree number 63 / KEP / M.PAN / 7/2003 such as service procedures, service requirements, clarity of service officers, discipline of service officers Responsibility of service officers, ability of service officers , Speed of service, Justice in getting services, Courtesy and friendliness of officers, Certainty of service schedules, Comfort of the environment and Safety of services, in Jerowaru Village, jerowaru sub-district, East Lombok Regency, this can be seen in the service activities carried out by village service employees, 2) The driving factors and obstacles that affect public services in Jerowaru village. The driving factors are cooperation between service Internal and Eksternal, supporting facilities and evaluation meetings related to services performed. Then the inhibiting factors are the lack of employees in the field of service, inadequate facilities and lack of understanding from the novice community that makes the Family card.



ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar pelayanan public perangkat desa terhadap kepuasan masyarakat dan Faktor-faktor yang mempengaruhi standar pelayanan publik berdasarkan Standar Pelayanan Publik menurut Keputusan Menteri PAN nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 di Desa Jerowaru, Kecamatan jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Subyek Penelitian ini adalah Kepala Bidang Pelayanan dan Pegawai Pelayanan, subyek penelitian ini dipilih dikarenakan paling mengetahui penyelenggaraan Pelayanan pemerintahan di Desa Jerowaru, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Informan dalam penelitian adalah masyarakat (yang sedang melakukan pembuatan surat penghantar Kartu Keluarg/KK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1) Penerapan standar pelayanan publik sudah sesuai dengan Keputusan Menteri PAN nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 seperti Prosedur pelayanan, Persyaratan pelayanan, Kejelasan petugas pelayanan, Kedisiplinan petugas pelayananTanggung jawab petugas pelayanan, Kemampuan petugas pelayanan, Kecepatan pelayanan, Keadilan mendapatkan pelayanan, Kesopanan dan keramahan petugas, Kepastian jadwal pelayanan, Kenyamanan lingkungan dan Keamanan pelayanan, di Desa Jerowaru, Kecamatan jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, hal ini terlihat dalam kegiatan pelayanan yang dilakukan pegawai pelayanan desa,2) Faktor Internal dan eksternal yang mempengaruhi pelayanan publik di desa jerowaru. Faktor Internal yaitu adanya pola pelayanan umum organisas, penyedian fasilitas penunjang, sumber daya manusia. Kemudian faktor Eksternal yaitu pola layanan distribusi Jasa dan pola layanan dan tata cara pembuatan Kartu Keluarga


Keywords


public services, village officials, community satisfaction

Full Text:

PDF

References


Ahmad Al Furqon 2018.Kualitas Pelayanan Pegawai Dalam Pembuatan e-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Merangi. Skipsi Sarjana Fakultas Ilmu Pemerintahan. Universitas Negeri Sulthan thaha Saifudin. (https://uinjambi.ac.id diakses di Mataram kamis, 17 Oktober 2019 pukul 19:00 Wita)

Arifin, Zaina. 2012. Penelitian pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Arikunto. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: yudhistira.

Djamal,M. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Ibrahim, Amin. (2008). Teori dan konsep pelayanan public. Jakarta. Mandar Maju.

J Suwarno. 2012.kualitas pelayanan pemerintahan Desa (studi pelayanan ktp dan KK). Mgister Ilmu pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Lambung Mangkurat (https://Media.neliti.com. diakses di Mataram 2 maret 2020 pukul 21:00 Wita)

Ones Gita C. 2015. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Yogyakarta (https://eprints.uny.ac.id di akses dimataram 3 maret 2020 pukul 19:00 WITA).

Kasmir. ( 2006). Etika Costemer Service. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Mahmudi. 2010. Menejemen Kerja Sektor Publik. Edisi Kedua, UPP

Moleong,L.J.2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung:Remaja Rosda Karya

Moleong. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT remaja Rusda Karya

Parasuraman, Barry. 1998. Kualitas Pelayanan.

Pasalong, H. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Perangkat Desa (2016). Htpps://kedesa.id.

Rahmayanty, N. (2013). Manajemen pelayanan prima. Yogyakarta: graha ilmu

Ratminto. AS Winarsih. (2006). Menejemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: bumi aksara

Spradley, James P.1997. Metode etnografi. Yogyakarta : PT Tiara Wacana.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT R Rosdakarya

Sugiyono. 2018. Metode penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta

Sugiyono. 2007. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Bandung: alfabeta

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, perinsip, dan penelitian. Yogyakarta : Andi Ofset.

UU 2014 Tentang Desa (2014).. www.dpr.go.id.

Widya A. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan Publik dan disiplin kerja pegawai terhadapa kepuasan masyarakat. Https://eprints.uny.ac.id/56238/

oktober 2018. Perpress nomor 96 tahun (2018). Tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. https://setkab.go.id

MM. Wijaya 2017.Kualitas Pelayanan e-KTP di Kecamatan Raja Basa. Universitas Lampung. Fakultas ilmu sosial dan politik. (http://digilib.unila.ac.id diakses di Mataram Kamis 7 januari 2020 pukul 07:23 WITA)




DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.116

DOI (PDF): https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.116.g60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.