IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MEMBANGUN SIKAP DISIPLIN PADA SISWA SMAN 1 SEKONGKANG
Authors
Dwi Cahya , Ahmad Fauzan , Muh ZubairDOI:
10.29303/juridiksiam.v8i2.249Published:
2021-12-16Issue:
Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMANKeywords:
implementation of Pancasila values, discipline, second precept, fifth precept.Articles
Downloads
How to Cite
Cahya, D., Fauzan, A., & Zubair, M. (2021). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MEMBANGUN SIKAP DISIPLIN PADA SISWA SMAN 1 SEKONGKANG. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v8i2.249
Downloads
Download data is not yet available.
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Pancasila dalam membangun sikap disiplin pada siswa SMAN 1 Sekongkang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan fenomologi yaitu melihat terhadap fenomena sosial yang terjadi dimasyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan tekhnik Obersvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian implementasi nilai-nilai Pancasila dalam membangun sikap disiplin pada siswa SMAN 1 Sekongkang melalui: 1) Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam membangun sikap displin pada siswa SMAN 1 Sekongkang pada nilai kemanusiaan dan nilai keadilan dimana siswa membudayakan sikap 5S baik terhadap guru dan teman, tidak saling membedakan antara ras, suku, agama, dan status sosial, serta mematuhi tata tertib disekolah , 2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam membangun sikap disiplin di SMAN 1 Sekongkang yaitu faktor eksternal yaitu dari dari segi lingkungan keluarga (kontrol orang tua), lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat dan faktor internal yaitu dari segi kondisi jasmani (kelelahan) dan dari segi kondisi psikologis (perhatian, minat, dan motivasi).ABSTRACTThis study aims to determine the implementation of Pancasila values in building disciplined attitudes in SMAN 1 Sekongkang students. The research method used in this study is a qualitative method with a phenomenological approach, namely looking at social phenomena that occur in the community. Data collection techniques using observation techniques, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research on the implementation of Pancasila values in building disciplined attitudes in SMAN 1 Sekongkang students through: 1) Implementation of Pancasila values in building disciplined attitudes in SMAN 1 Sekongkang students on human values and the value of justice where students cultivate 5S attitudes both towards teachers and friends, do not discriminate between race, ethnicity, religion, and social status, as well as comply with school rules. 2) the influencing factors in building discipline at SMAN 1 Sekongkang are external factors, namely in terms of the family environment (parental control), school environment, and community environment and internal factors, namely in terms of physical condition (fatigue) and in terms of psychological conditions (attention, interest, and motivation).References
A. Fauzan, Edy Kurniawansyah, & M. S. (2020). Jurnal Civic Education :4(1), 44–49.
Chandra, A., & Angin, A. (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Iklim Sekolah Dengan Disiplin Pada Siswa Smp N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Phsycomutiara, 1(1), 1–14. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/129/147
Dewi eka Septiani. (2019). NILAI KARAKTER. In Dewi eka Septiani (Ed.), NILAI KARAKTER (Vol. 87, Issue 1,2).
Juliya, Z. S. (2014). kedesiplinan dalam membangun sikap siswa. Universitas Islan Negeri Maulana Malik Ibrahim, 11–67. http://etheses.uin-malang.ac.id/809/
Lasiyo, Soeprapto, S., & Wikandaru, R. (2019). Ruang Lingkup Pendidikan Pancasila. Universitas Terbuka, 1–43.
Mas’ud, I., Ali Fahmi, A., & Abroza, A. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Penananaman Nilai-Nilai Akhlak Siswa Sma Negeri I Sekampung Lampung Timur. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(2), 317. https://doi.org/10.24952/fitrah.v4i2.953
Nurul, mas’ud waqiah. (2013). Pendidikan Karakter. In Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional (Vol. 53, Issue 9).
Oktavianna, D. (2019). Penanaman nilai toleransi di pendidikan anak usia dini pelangi kota semarang skripsi.
Rukiyati, dkk, 2013. (2013). Kaelan, Pendidikan Pancasila (Yogyakarta: Paradigma, 2010), 21. 7. 7–27.
Syamsu Yusuf. (2001:54). Perkembangan Anak Remaja: Bandung. PT. Rineka Cipta.
Slemeto. (2006:23). Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Setianingsih, D. (2014). Bab I I Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran. 9–29.
Shocib. (1998:23). Pola Asuh Orang Tua, Jakarta: Rineka Cipta.
Soares, A. P. (2013). Kedisiplinan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sosa, A. (2007). Implementasi Pancasila. Ятыатат, вы12у (235), 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf
Winkel. (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tisna, K. A. A. P. (2009). ANALISIS NILAI MORAL DAN ETIKA NOVEL “SUKRENI GADIS BALI”. 1–27.
Wahyuni, D., Wati, M., & Ely, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 3(4), 43–53. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753
Widi, E. N. N., Saraswati, P. & Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan Siswa-Siswi Sma Ditinjau Dari Perilaku Shalat Wajib Lima Waktu. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 135–150.
Chandra, A., & Angin, A. (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Iklim Sekolah Dengan Disiplin Pada Siswa Smp N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Phsycomutiara, 1(1), 1–14. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/129/147
Dewi eka Septiani. (2019). NILAI KARAKTER. In Dewi eka Septiani (Ed.), NILAI KARAKTER (Vol. 87, Issue 1,2).
Juliya, Z. S. (2014). kedesiplinan dalam membangun sikap siswa. Universitas Islan Negeri Maulana Malik Ibrahim, 11–67. http://etheses.uin-malang.ac.id/809/
Lasiyo, Soeprapto, S., & Wikandaru, R. (2019). Ruang Lingkup Pendidikan Pancasila. Universitas Terbuka, 1–43.
Mas’ud, I., Ali Fahmi, A., & Abroza, A. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Penananaman Nilai-Nilai Akhlak Siswa Sma Negeri I Sekampung Lampung Timur. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(2), 317. https://doi.org/10.24952/fitrah.v4i2.953
Nurul, mas’ud waqiah. (2013). Pendidikan Karakter. In Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional (Vol. 53, Issue 9).
Oktavianna, D. (2019). Penanaman nilai toleransi di pendidikan anak usia dini pelangi kota semarang skripsi.
Rukiyati, dkk, 2013. (2013). Kaelan, Pendidikan Pancasila (Yogyakarta: Paradigma, 2010), 21. 7. 7–27.
Syamsu Yusuf. (2001:54). Perkembangan Anak Remaja: Bandung. PT. Rineka Cipta.
Slemeto. (2006:23). Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Setianingsih, D. (2014). Bab I I Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran. 9–29.
Shocib. (1998:23). Pola Asuh Orang Tua, Jakarta: Rineka Cipta.
Soares, A. P. (2013). Kedisiplinan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sosa, A. (2007). Implementasi Pancasila. Ятыатат, вы12у (235), 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf
Winkel. (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tisna, K. A. A. P. (2009). ANALISIS NILAI MORAL DAN ETIKA NOVEL “SUKRENI GADIS BALI”. 1–27.
Wahyuni, D., Wati, M., & Ely, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 3(4), 43–53. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753
Widi, E. N. N., Saraswati, P. & Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan Siswa-Siswi Sma Ditinjau Dari Perilaku Shalat Wajib Lima Waktu. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 135–150.