INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) DI ERA PANDEMI COVID-19

Izuddinsyah Siregar, Salmah Naelofaria

Abstract


ABSTRAK

Masa pandemi yang terjadi di Indonesia mengalihkan pendidikan yang seyogianya dilakukan di dalam kelas menjadi proses yang dijalankan di dalam jaringan (daring). Hal tersebut guna mengurangi interaksi secara langsung peserta didik dengan berbagai individu di luar rumah. Pendidikan yang dilaksanakan harus tetap berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebelumnya. Tentunya dengan tetap memperhatikan nilai-nilai Pancasila dalam pelaksanaan pembelajaran. Nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam kegiatan pembelajaran maupun aturan kelas. Perwujudan tersebut dilaksanakan dengan baik meskipun pembelajaran dilakukan dengan daring

Keywords


: pandemi, pembelajaran, daring, internalisasi, nilai-nilai Pancasila.

Full Text:

PDF

References


Artikel Jurnal:

Agus Purwanto, dkk, (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education Psychology and Counseling. 2(1), 1-12.

Dewi, Fatma Aji Wahyu. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 55-61.

Kus, Z. (2015). Participation status of primary school students. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 177, 190–196.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011).E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?. The Internet and Higher Education, 14, 129–135.

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E-Learning, 5(3), 195-206.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur. 513-521.

Buku:

Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kaelan dan Zubaidi, Achmad. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Komalasari, Kokom. (2007). Pendidikan Pancasila. Surabaya: Lentera Cendikia.

Rahayu, Ani Sri. (2013). Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Bumi Aksara.

Rukiyati, Purwastuti, L.A., Dwikurniani, D., et al. (2013). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY Press.

Internet

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (24/03/2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. kemdikbud.go.id. Retrieved Juli 24, 2020, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Kompas. (15/03/2020). Jokowi: Saatnya Kerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, Ibadah di Rumah. KOMPAS.com. Retrieved Juli 24, 2020, from https://nasional.kompas.com/read/2020/03/15/14232961/jokowi-saatnya-kerja-dari-rumah-belajar-dari-rumah-ibadah-di-rumah?page=all

Kompas. (07/05/2020). Mendikbud Nadiem: Ini 6 Profil Pelajar Indonesia. KOMPAS.com. Retrieved Juli 24, 2020, from https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/07/130140471/mendikbud-nadiem-ini-6-profil-pelajar-indonesia

Pikiran Rakyat Com. (20/03/2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. PikiranRakyatcom. Retrieved Juli 24, 2020, from https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal

Suryawan, O. (2020). Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. BaliPupsaNews.Com. Retrieved Juli 24, 2020, from https://www.balipuspanews.com/guru-diminta-aktif-awasi-pembelajaran-daring-agar-siswa-tetap-fokus.html




DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.135

DOI (PDF): https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.135.g67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.