ARAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADAMASA PANDEMIC COVID-19 DEMI TERWUJUDNYA GOODCITIZENSHIP

Anggara Pramana Putra, Sesrita Yuliarti, Muammar Muammar

Abstract


ABSTRAK

Isu mengenai kebangsaan dan kepercayaan publik terhadap pemerintah ditengah pandemic covid-19 mencapai titik yang mengkhawatirkan. Hal ini membuat setiap elemen bangsa wajib terlibat dalam usaha perbaikan salah satunya melalui pendidikan kewarganegaraan kepada generasi muda. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis arah pendidikan kewarganegaraan pada masa pandemic covid-19. Dengan adanya tulisan ini diharapkan melalui pendidikan kewarganegaraan mampu menciptakan goodcitizenship yang urgen saat ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan studi kasus. Seterusnya purposive sampling digunakan menentukan informan penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi dan studi literasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan kondisi ketidaksiapan masyarakat dalam menghadapi pandemic covid-19 menjadi ruang bagi pendidikan kewarganegaraan di sekolah untuk memberikan pemahaman dan membuka pola pemikiran baru agar warga negara harus mendukung setiap kebijakan dan taat dengan protocol kesehatan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Melalui penetapan arah kebijakan pendidikan kewarganegaraan untuk menciptakan goodcitizenship mampu memberikan pola pikir baru dan adanya kesiapan melaksanakan protocol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, kepatuhan warga negara menjadikunci keberhasilan penanganan pandemic covid-19.

Keywords


Goodcitizenship, Kewarganegaraan, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, A. (2020). COVID-19, Gotong Royong Dan Aktualisasi Pancasila. Pusat Penelitian Kependudukan LIPI. Https://Kependudukan.Lipi.Go.Id/Id/Berita/53-Mencatatcovid19/940-Covid-19-Gotong-Royong-Dan-Aktualisasi-Pancasila

Anwar, M., & Utami, D. (2018). Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas Xi Sma Negeri 1 Toho Kabupaten Mempawah. Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1), 309–318.

Arifin, Z. (2013). Menjadi Guru Profesional (Isu Dan Tantangan Masa DEPAN. Edutech, 1(3), 132–155.

CSN/RS. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Di Bidang Sosial Dan Hukum. Https://Www.Uii.Ac.Id/Dampak-Pandemi-Covid-19-Di-Bidang-Sosial-Dan-Hukum/

Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom)Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Pionir, 5(2), 1–14.

Hadi, Yulianto; Suryo, Djoko; Sudarsono, F. . (2014). Dinamika Penanaman Nilai-Nilai Bela Negara Kadet Maguwo Dalam Perspektif Historis The Dynamics Of Kadetmaguwo State Defense Values Internalization In The Historical Perspective. Pembangunan Pendidikan : Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 210–221.

Hakim, S. (2020, May). Panglima TNI Prihatin Masyarakat Perlakukan Tenaga Medis Tak Manusiawi. Antara. Https://Www.Antaranews.Com/Berita/1460349/Panglima-Tni-Prihatin-Masyarakat-Perlakukan-Tenaga-Medis-Tak-Manusiawi

Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Paradigma.

Kemdikbud. (2020). Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Misbach, I. H. (2008). Antara IQ, EQ, Dan SQ. In Pelatihan Nasional Guru Se-Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia. Http://File.Upi.Edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/197507292005012-IFA_HANIFAH_MISBACH/IQ%2CEQ%2CSQ.Pdf

Murdiono, M. (2012). Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan. Ombak.

Prasetyo, A., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan : Usaha Konkret Untuk Memperkuat Multikulturalisme Di Indonesia. Civics, 14(2), 196–205.

Rohadi. (2020, June). Perang Melawan Hoax Tentang Covid-19 Di Indonesia. Republika. Https://Republika.Co.Id/Berita/Qbhl32483/Perang-Melawan-Hoax-Tentang-Covid19-Di-Indonesia

Supangat;Amna, Anis R;Sulistyawati, D. H. (2018). Analisa Pemahaman Guru Tentang Teknologi Informasi (Studi Kasus Guru Di SD Dan SMP Sekolah Shafta Surabaya). Seminar Nasional “Pengutan Perguruan Tinggi Dalam Mewujudkan Ketahanan Bangsa Melalu Tri Dharma Perguruan Tinggi Yang Berbasis Pada Keberagaman Dan Gotong Royong,”1(1), 458–468.

Suwarto, D. H. (2015). Gerakan Literasi Media Di Indonesia. Rumah Sinema.

Theffidy, S. G. A. (2020). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Covid-19. Ombudsman Republik Indonesia. Https://Ombudsman.Go.Id/Artikel/R/Artikel--Pendidikan-Era-Revolusi-Industri-40-Di-Tengah-Covid-19

Utomo, S. S. (2019). Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 1(1), 70–83.

Widodo, Bali; Nurholis, E. (2019). Revitalisasi Epistemologis Pendidikan Kewarganegaraan: Upaya Meminimalisir Bencana Sosial. Artefak, 6(2), 49–58.




DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.131

DOI (PDF): https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.131.g63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.