INTENSITAS PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG PENGAMALAN PANCASILA BERDASAR ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA

Arlis Arlis

Abstract


ABSTRAK

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa adalah ketentuan yang terdapat dalam pembukaan konstitusi negara Indonesia.  Berdasarkan ketentuan tersebut rakyat Indonesia menyatakan kemerdekaannya.  Dengan dasar itu pula muncul pendapat Indonesia berdasar Pancasila. Oleh sebab itu, menjadi sangat penting untuk mengetahui intensitas pemahaman mahasiswa tentang pengamalan Pancasila berdasar atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa. Pemilihan mahasiswa sebagai kajian tidak lain disebabkan karena mahasiswa berada di garda terdepan sebagai agen perubahan. Mahasiswa dalam kajian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok angkatan 2019. Tujuan penelitian adalah pengetahuan intensitas pemahaman mahasiswa Universitas Mahaputra Muhammad Yamin tentang pengamalan Pancasila berdasar atas berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa. Metode penelitianyang digunakan adalah campuran kualitatif dan kuantitatif dengan data primer, teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Temuan utama penelitian adalah terdapat keberagaman intensitas pemahaman mahasiswa tentang pengamalan Pancasila berdasar atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa. Keberagaman itu dimulai dari Konsep pengamalan Pancasila itu sendiri, aplikasikonsep dan contoh aplikatifnya.Berdasarkan temuan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa intensitas pemahaman mahasiswa tentang pengamalan Pancasila berdasar atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa beragam dengan berbagai dinamikanya.

Keywords


Intensitas, Pemahaman, Pancasila, Berkat, Allah

Full Text:

PDF

References


ArtikelJurnal:

Ahmad, Agustan. (2011). Maqāṣid al-Syarī’ah al-Syāṭibī dan Aktualisasinya dalam Nilai-nilai Falsafah Pancasila. Hunafa: JurnalStudiaIslamika. Vol. 8,No.2, 217-235.

Al-Hasani, Maulidi. (2016) ﻧﻈﺮﻳﺔ اﻟﻤﺼﻠﺤﺔ و دورﻫﺎ ﻓﻲ ﺑﻨﺎء اﻷﺣﻜﺎم اﻟﺸﺮﻋﻴﺔ. Religia, [S.l.], p. 133-186. April.

Bahsoan, Agil. (2011). Mashlahah Sebagai Maqashid Al Syariah(Tinjauan dalam Perspektif Ekonomi Islam). Universitas Negeri Gorontalo. INOVASI, Volume 8, Nomor 1.

Pahlevi, Farida Sekti. (2016). RevitalisasiPancasilaDalamPenegakanHukum Yang Berkeadilandi Indonesia.Justicia Islamica: Jurnal Kajian Hukum dan Sosial. Vol.13. No.2.

Pardi, I Wayan. (2019). KembaliKepadaUndang-UndangDasar 1945: DiskursusPembukaan UUD 1945 DalamPerspektifSejara.Historia: JurnalPendidikdanPenelitiSejarah, Vol. II, No. 2, 99-101.

Rifandi, Ronal, Rona Rossa, YosiLailaRahmi. (2018). KepemimpinandanOptimalisasiPeranAktivisMahasiswa.Matappa: JurnalPengabdianKepadaMasyarakat. Volume 1 Nomor 2.

Zainuddin. (2019). Argumentasi Teori Maslahat Sebagai Ruh Perundang-Undangan. Al Amin:JurnalKajianIlmudanBudaya Islam, Volume 2, No 1.

Buku:

Herdiawanto, Heri, dkk. (2018). Spritualisme Pancasila. Jakarta: Prenadamedia Group.

LajnahPentashihanMushaf Al-Qur’anBalitbangDiklatKemenag RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Mas’udi, Masdar farid. (2013). Syarah UUD 1945 Perspektif Islam. Jakarta: PT. Pustaka Alvabet.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.




DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.129

DOI (PDF): https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.129.g61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.